Bagaimana Cara Memoles Marmer agar Mengkilap - Jual Marmer Murah, Jual Marmer Lokal dan Import,Tips Pasang Marmer, Tips Memilih Marmer

Bagaimana Cara Memoles Marmer agar Mengkilap

Bagaimana cara memoles marmer agar permukaannya bisa mengkilap? Hal ini mungkin sering ditanyakan ketika memutuskan untuk menggunakan marmer sebagai material penutup lantai di rumah. Marmer yangmengkilap bukan hanya akan mengesankan kebersihan, melainkan juga akan memberikan kesan mewah. Oleh karena itu, teknik-teknik yang tepat perlu diperhatikan.

Bagaimana Cara Memoles Marmer?
Setidaknya ada 2 cara mengkilapkan marmer yang bisa dilakukan. Berikut ini akan dijelaskan beserta langkah-langkahnya.
1.      Clean and throw
Teknik ini adalah teknik pemolesan marmer yang bisa dilakukan oleh para pekerja yang sudah ahli. Konsep utamanya adalah dengan memperbaiki permukaan marmer yang sudah rusak, membersihkan noda, kemudian baru membuat lantai menjadi lebih mengkilap. Berikut langkah-langkahnya.
·         Fill in the holes
Langkah pertama adalah menambal marmer yang berlubang, retak, atau patah dengan bantuan miles, resin epoxy, dan juga billingone. Campuran itu akan mampu menyesuaikan warna alami pada marmer sehingga tambalan tidak akan terlihat.
·         Reflat
Setelah menambal bagian yang rusak, langkah selanjutnya adalah meratakan permukaan sambungan. Untuk melakukannya, diperlukan sebuah mesin khusus. Tujuannya agar tidak ada goresan dan gelombang di permukaan marmer.
·         Refine
Jika masih ada goresan yang tertinggal, maka teknik refine ini digunakan. Tujuannya agar sisa goresan bisa hilang secara total.
·         Recolor
Jika marmer sudah tidak memiliki goresan dan gelombang, maka permukaan marmer kembali diberi warna dengan menggunakan bahan kimia polishing powder. Tujuannya agar warna marmer bisa merata.
·         Chrystallization
Setelah diberi warna dan warnanya merata pada permukaan marmer, tahapan chrystallization ini adalah tahapan pemberian cairan crystal clear ke atas permukaan marmer. Tujuannya agar permukaan marmer bisa mengkilap lebih lama dan lebih sempurna.
·         Coating
Langkah terakhir adalah dengan melapisi kembali permukaan marmer dengan cairan kimia yanga berjenis wax strip. Tujuannya untuk mencegah noda yang bisa merusak struktur permukaan marmer tersebut.
2.      Teknik manual
Cara memoles lantai marmer bisa juga dilakukan dengan cara manual atau bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil pekerja ahli. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
·         Persiapan
Persiapan dilakukan dengan melakukan uji patch pada sebagian kecil area marmer. Tujuannya untuk memastikan apakah hasil tersebut memang kondisi yang benar-benar diinginkan. Jika sudah yakin, maka persiapan selanjutnya adalah dengan membersihkan semua kotoran dari permukaan marmer, baik itu kotoran yang berupa debu, pasir, ataupun noda lainnya. Pastikan permukaan marmer benar-benar bersih dan bebas dari perabot.
·         Aplikasi cairan kimia
Cara selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan cairan kimia dengan cara disemprot secara merata pada permukaan marmer. Pastikan selalu untuk membaca petunjuk penggunaan cairan kimia sebelum menggunakannya.
·         Penggosokkan
Penggosokkan dilakukan dengan bantuan wol baja berkualitas tinggi. Caranya dengan menggosokkan dengan cepat secara melingkar berlawanan arah jarum jam dan searah jarum jam secara bergantian. Lantai marmer pun akan mengkilap.
·         Pembersihan
Jika semua proses sudah dilakukan dan berhasil, langkah terakhir adalah dengan membersihkan sisa-sisa wol baja maupun debu yang tersisa dari proses pemolesan.
Obat Pengkilat Marmer
Adapun jenis cairan pengkilat marmer yang bisa digunakan dan biasa dijual di pasaran adalah sebagai berikut.
1.      Marble klin
Obat pengkilat marmer yang satu ini adalah obat pembersih yang bersifat netral. Cairan ini bisa membersihkan permukaan marmer sekaligus mengkilapkannya. Selain marmer, cairan ini juga bisa digunakan untuk granit, keramik, teraso, bahkan vinyl sekalipun. Keunggulan marble klin adalah mampu membersihkan sekaligus mengkilapkan, tanpa perlu mengubah warna asli permukaan lantai.
2.      Marble polishing powder kuning
Obat pemoles marmer berikutnya adalah obat yang mengandung kalsium karbonat. Obat ini bisa membersihkan kotoran, memudarkan goresan, sekaligus bisa mengkilapkan lantai. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Cukup aplikasikan obat ini pada permukaan marmer yang diinginkan. Tambahkan air, kemudian gosok lembut permukaan marmer. Bilas dengan air dingin sedikit demi sedikit.
3.      Marble polishing powder merah
Obat marble polishing powder merah ini memiliki fungsi yang sama dengan marble polishing powder kuning. Hanya saja efek yang ditimbulkan lebih kuat daripada marble polishing powder kuning. Obat ini juga memiliki manfaat dan cara kerja yang sama dengan marble polishing powder kuning. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan air karena air akan membuat permukaan marmer menjadi panas.
4.      Terra nova
Obat pemoles marmer berikutnya adalah tera nova. Jenis obat ini adalah jenis obat untuk merawatan marmer. Terra nova mengandung bahan kimia anorganik dan kalsium karbonat. Tujuannya adalah untuk membentuk kristal-kristal baru yang bisa memperbaiki kondisi permukaan marmer yang sebelumnya sudah pudar atau tergores.

Bagaimana cara memoles marmer agar permukaannya bisa mengkilap dapat dilakukan dengan cara-cara dan obat-obat yang sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

Our Client is our priority from All Service. We will give our priority service to our client, Give Export Quality Product Corresponding with demand and Make longterm relationship business with our clients

0 comments: